Langsung ke konten utama

TUGAS 10

ANALISIS DATA 
SURVEY LALU LINTAS


4.1 Analisis Data Volume Lalu Lintas 

Volume dihitung dengan Rumus 2.1 : 
t
n
Q =
kemudian volume dikonversikan satuannya menjadi smp dengan rumus : 
smp = jumlah kendaraan * emp 
Perhitungan dilakukan dalam Tabel 4.1 sampai 4.5 seperti berikut : 
Tabel 4.5 Volume Total Kendaraan Untuk Kedua Arah (Dengan Delman) 
Waktu Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah Total 
Pengamatan Sepeda MotorKend. RinganKend. Berat Angkot Delman (smp)
 Kend smp Kend smp kend smp kend smp kend smp 
06.30-07.30 1652 826 596 596 34 44,2 66 66 136 108,8 1641 
06.45-07.45 1860 930 615 615 30 39 61 61 143 114,4 1759,4
07.00-08.00 1829 914,5 570 570 22 28,6 62 62 133 106,4 1681,5
07.15-08.15 1658 829 538 538 20 26 59 59 122 97,6 1549,6
07.30-08.30 1392 696 548 548 26 33,8 55 55 123 98,4 1431,2
Volume terbesar untuk kedua arah pada pagi hari adalah antara pukul 
06.45 - 07.45 dengan 1759,4 smp/jam, dan volume terbesar untuk kedua 
arah pada siang hari adalah sebesar 1166 smp/jam yang terjadi pada 
pukul 10.30 – 11.30. 

4.2 Analisis Data Kecepatan
Dihitung terhadap waktu dan jarak tempuh dengan menggunakan Rumus 2.5 
=
=
n
i 1
i
s
t
6.3 * n* d
U
Hasil perhitungan dapat dilihat pada Tabel 4.6 sampai 4.9 seperti berikut : 
Tabel 4.6 Kecepatan Kendaraan Dengan Ganggguan Delman 
 Arah Cimindi - Pasteur (Sejauh 400 m) 
 Kecepatan Kecepatan Kecepatan Kecepatan Kecepatan
Jam Sepeda Motor K. Ringan K. Berat Angkot Delman 
 det Km/jam det km/jam det km/jam det km/jam det km/jam
06.30-06.45 38,7 37,2 43,9 32,8 57,3 25,1 48,8 29,5 83,7 17,2 
06.45-07.00 40,8 35,3 48,1 29,9 54,3 26,5 48,6 29,6 82,5 17,5 
07.00-07.15 41,9 34,4 56,2 25,6 59,9 24 56,3 25,6 82,6 17,4 
07.15-07.30 45,4 31,7 66 21,8 69 20,9 104 13,8 

Selanjutnya dihitung kecepatan rata-rata ruang per jam semua jenis 
kendaraan. 
Hasil dan cara perhitungan dapat dilihat pada Tabel 4.10 sampai 4.13 
seperti di bawah ini : 
Tabel 4.10 Perhitungan Kecepatan Rata-Rata Ruang (Us) Kendaraan Arah Cimindi 
– Pasteur (Dengan Delman) 
No Waktu % Distribusi Kendaraan Kecepatan Rata-Rata (km/jam) Us
 Pengamatan MC LV HV Angkot UM MC LV HV Angkot UM (km/jam)
[1] [2] [9] [10] [11] [12] [13] [14] [15] [16] [17] [18] [19] 
1 06.30-07.30 55,2 36,1 1 3,4 4,3 34,6 27,5 25,2 26,4 16,5 30,9 
2 06.45-07.45 57,4 34,1 1 3,1 4,4 32,4 23,7 22,1 23,4 15,6 28,3 
3 07.00-08.00 58,9 32,7 1 2,8 4,6 31,8 22,9 21,8 22,7 15,1 27,8 
4 07.15-08.15 58,3 33,2 1,1 2,8 4,6 32,6 22,5 21,1 22,2 15 28 
Kolom [19] = { ([9]*[14]) +([10]*[15]) + ([11]*[16]) + ([12]*[17]) + ([13}*[18}) } / 100

4.3 Analisis Data Kerapatan 
Kerapatan dihitung dengan menggunakan Rumus : D = 
Us 
Q
Hasil perhitungan kerapatan dapat dilihat pada Tabel 4.14 dan 4.15 
seperti berikut : 
Tabel 4.14 Perhitungan Kerapatan Kendaraan Pada Ruas Jalan 
Dengan Delman 
 Vol Kend Vol Kend Kec Kend Kec Kend Arah C - PArah P - C
Waktu Arah C - PArah P - CArah C - PArah P - CD = Q / UsD = Q / Us
 (smp/jam) (smp/jam) (km/jam) (km/jam) (smp/km) (smp/km)
06.30-07.30 1149,8 491,2 30,9 27,3 37,2 18 
06.45-07.45 1242,2 517,2 28,3 26,2 43,8 19,7 
07.00-08.00 1172,6 508,9 27,8 25,4 42,2 20 
07.15-08.15 1040,7 508,9 28 26,2 37,1 19,4 
Kerapatan maksimum yang terjadi pada ruas jalan dengan delman adalah 
sebesar 42,2 smp/km pada pukul 06.45 – 07.45 untuk arah Cimindi - 
Pasteur dan sebesar 22,5 smp/jam pada pukul 10.30 – 11.30 untuk arah 
Pasteur – Cimindi


Komentar